Daftar harga dan spesifikasi smartphone android Oppo terbaru 2016 paling lengkap.

Sabtu, 03 Desember 2016

Harga dan Spesifikasi Oppo N1 Mini N5111 Desember 2016

Sebuah smartphone bernama Oppo N1 Mini meluncur di pasaran menyusul kesuksesan saudaranya di kancah pertarungan pasar ponsel pintar Indonesia. Kekuatan dari produk-produk Oppo adalah desainnya yang premium, fiturnya yang menarik, serta kameranya yang memiliki kemampuan di atas rata-rata ponsel yang beredar di tanah air. Salah satunya adalah Oppo N1 Mini.

Ponsel pintar yang satu ini merupakan versi mini dari produk flagship yang sebelumnya beredar, yakni Oppo N1. Sekarang ini memang ponsel-ponsel mini ramai diluncurkan untuk konsumen yang ingin mencicipi produk premium dalam harga yang lebih murah. Lebih murah bukan berarti benar-benar murah. Hanya saja, harganya tidak semahal produk aslinya. Namun tentu saja, dengan adanya pengurangan harga disertai pula dengan pemangkasan fitur-fitur yang ada.

Begitu juga yang terjadi pada Oppo N1 Mini. Pemangkasan yang pertama kali terlihat adalah sektor body dan luas layar. Ponsel ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding aslinya. Layarnya pun dipangkas menjadi hanya 5 inci saja. Sedangkan produk aslinya mencapai 5.9 inci. Namun dari segi teknologi dan kualitas layar bisa dibilang setara.

Sektor lainnya yang mengalami penurunan adalah prosesor yang digunakan. N1 versi mini menggunakan chipset snapdragon 400 dengan kecepatan 1.6 GHz. Untuk sistem operasinya, sama-sama menggunakan Android v4.3 Jelly Bean. Dan kameranya juga sama-sama menggunakan lensa berkekuatan 13 megapixels. Inilah salah satu kelebihan dari smartphone Oppo N1 Mini.

Harga Oppo N1 Mini


Oppo N1 Mini merupakan ponsel premium yang ditujukan bagi konsumen kelas atas. Maka wajar jika harganya juga cukup mahal bagi masyarakat umum. Ini yang saya maksud di atas bahwa ponsel versi murah belum tentu benar-benar murah.

Jika Oppo N1 dibanderol dengan harga Rp 5.999.000, maka untuk mendapatkan N1 Mini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 4.999.000 saja. Itu untuk gressnya, sedangkan untuk secondnya bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 3,5 jutaan.

Jika melihat spesifikasi, fitur dan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh ponsel ini sepertinya harga tersebut adalah harga yang cukup pantas. Namun, untuk mendapatkan perhatian konsumen, Oppo N1 Mini harus bersaing dengan beberapa produk premium dari vendor-vendor ternama.

Oppo N1 Mini
Oppo N1 Mini, smartphone versi murah dengan prosesor quad core snapdragon, layar 5 inci dan kamera 13 MP

Review Oppo N1 Mini


Jika Anda melihat bentuk Oppo N1 Mini, maka tidak akan ditemukan perbedaan yang berarti dengan versi regulernya. Hanya saja, smartphone ini terkesan lebih ringkas karena ada pemangkasan ukuran baik dari layar hingga body keseluruhan.

N1 Mini memiliki desain unibody dimana slot micro SIM terletak di sebelah kanan. Ruas sebelah kanan juga dilengkapi dengan tombol untuk mengatur volume suara. Sementara di ruas kiri terdapat tombol power. Port audio 3.5 mm dan micro USB berdampingan di bagian bawah body. Dan pada bagian atasnya terdapat kamera yang bisa diputar hingga 195 derajat.

Namun, walaupun menyandang gelar "Mini" bukan berarti ponsel ini bentuknya kecil. Kalau lebih kecil dari versi reguler iya. Oppo N1 Mini dibeali layar seluas 5 inci dengan mengusung teknologi IPS LCD kapasitif yang sudah mendukung multitouch hingga 5 titik sentuhan. Dengan resolusi layar HD (720 x 1280 pixels) dan kerapatan layar mencapai 294 ppi pixels density membuat tamplannya sangat jernih dan tajam.

Anda sering menggunakan ponsel di luar rumah di bawah paparan sinar matahari? Anda akan dibuat kagum dngan performa layar N1 Mini. Pasalnya, tampilan layar tetap bagus dan tajam meski berada di bawah sinar matahari langsung. Oppo juga membekali produknya dengan dengan glove mode untuk keperluan pengoperasian dengan sarung tangan.

Gambar Oppo N1 Mini N5111
Gambar Oppo N1 Mini N5111 tampak belakang dan samping

Oppo N1 Mini hadir dengan mengusung Android Jelly Bean sebagai sistem operasinya. Namun, pihak Oppo melakukan beberapa kustomisasi sehingga tamplannya lebih atraktif dan khas. Mereka menyebutnya sebagai Color OS. Meski saat ini Jelly Bean terbilang jadul, namun berkat kustomisasi tersebut, tampilannya menjadi lebih menarik dan berbeda dengan OS Android pada umumnya.

Sesuatu yang baru akan Anda temukan pada pilihan mode lockscreen, tab setting, panel photo space, panel music space yang bisa diakses langsung via homescreen. Fitur lain yang cukup unik adalah gesture panel. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk membuka kamera, lampu senter dan WeChat dengan mencoretkan pola teretentu diatas panelnya.

Dengan pengurangan dari sisi harga dan label Mini yang disandagnya, membuat ponsel ini mengalami pemangkasan dari segi spesifikasi. Prosesornya diturunkan dari 1.7 GHz menjadi 1.6 GHz. Begitu juga dengan chipset yang digunakan, Snapdragon 600 diganti menjadi Snapdragon 400. Hal yang sama juga terjadi di sektor pengolah grafis dimana Adreno 305 menggantikan Adreno 320 yang terbenam di Oppo N1 versi reguler.

Lalu bagaimana performa ponsel ini setelah mengalami pemangkasan spesifikasi? Dari pengujian yang dilakukan dengan Antutu Benchmark dan Quadrant Standard, kinerja Oppo N5111 N1 Mini terbilang sangat bagus. N1 Mini berada di atas HTC One Mini dan LG Nexus 5. Berikut data tabel hasil perbandingan smartphone ini dengan produk lainnya:

Tipe SmartphoneSkor QuadrantSkor Antutu
Oppo N1 Mini1123822351
HTC One Mini578515130
LG Nexus 5702926388
Asus Padfone Infinity 22208942808
ZTE Nubi Z5S Mini1031528267

Sedangkan untuk pengolah grafisnya, Adreno 305 memiliki kecepatan grafis hingga 58,7 frame perdetik menurut hitungan Nenamark 2.

Salah satu kelemahan dari Oppo N1 Mini adalah tidak adanya slot memori eskternal. Pihak Oppo hanya menanamkan memori internal sebesar 16GB. Itu pun sudah digunakan oleh sistem sehingga pengguna hanya kebagian jatah 10 GB memori bebas. Sementara itu, kapasitas RAM-nya sama dengan versi sebelumnya, yakni 2GB.

Selain fitur-fitur standar, Oppo N1 Mini juga dibekali dengan beberapa fitur unggulan. Diantaranya ada Kingsoft office dan Notes. Aplikasi kingsoft office beguna bagi anda yang butuh membuka dan mengedit dokumen melalui smartphone. Sedangkan notes sudah jelas sebagai pencatat yang dapat mengenali tulisan tangan.

Oppo juga menyediakan fitur anti-harrassment untuk mencegah orang-orang jahil dengan cara memblokir nomor-nomor tak dikenal atau nomor tertentu yang sering melakukan spam messeges. Fitur Guest Mode membantu anda melindungi ponsel dari koreksi orang lain yang meminjam atau menggunakan ponsel anda. Ponsel ini juga bisa membuat password untuk aplikasi tertentu agar tidak bisa dbuka orang lain secara sembarangan.

Untuk menghemat penggunaan daya, ada fitur Power Manager. Sedangkan untuk mengawasi penggunaan data tersedia Data Monitor. Selain fitur-fitur unggulan tersebut, N1 Mini juga dibekali dengan brbagai fitur standar seperti Accuweather, compass, A-GPS, Flashlight dan lain sebagainya.

Beralih ke sektor kamera, Oppo N1 Mini dibekali kamera tunggal yang bisa diputar hingga 195 derajat. Jadi, kamera ini juga bisa digunakan sebagai kamera depan untuk keperluan foto selfie. Kamera tersebut juga sudah dilengkapi dengan LED flash yang berguna ketika memotret dalam keadaan minim cahaya.

Hasil jepretan kamera Oppo N5111 terbilang bagus baik saat di dalam maupun di luar ruangan. Dibekali dengan sensor 1/3.2 inci, kamera N1 Mini sanggup mengambil gambar dengan mode ultraHD 24MP. Beberapa mode pemotretan sudah tersedia untuk mendukung terciptanya gambar hasil bidikan yang bagus, diantaranya Normal, GIF, Audio photo, Slow shutter, Panorama, HDR, Beautify, Colorful Night serta UltraHD.

Dengan kamera 13 megapixels, Oppo N1 Mini bisa digunakan untuk merekam video dalam resolusi full HD dengan kecepatan 30 frame perdetik. Jika Anda merekam video dalam resolusi 480p kecepatan yang didapat bisa mencapai 120 frame perdetik. Dengan adanya fitur HDR, Anda bisa menangkap detil objek pada video walaupun dengan backlight yang sangat terang atau sangat redup. Produk lainnya yang memiliki kamera 13 Megapixels adalah Oppo Find 7 dan Find 7a.

Hasil Foto Outdoor Oppo N1 Mini
Hasil foto outdoor kamera Oppo N1 Mini

Hasil foto indoor kamera Oppo N1 Mini

Sebagai ponsel kelas premium, belum lengkap rasanya, jika tidak dibekali dengan kemampuan multimedia yang handal. Namun, kali ini Anda harus dibuat kecewa karena Oppo N1 Mini bahkan tidak menambahkan FM Radio dan TV sebagai sarana hiburan. Praktis, pada sektor multimedia, yang diandalkan hanya pemutar musik dan video.
ADVERTISEMENT



Pemutar musik N1 Mini telah dilengkapi dengan fitur DiracHD yang menghasilkan kualitas suara jernih dan empuk di telinga. Untuk dapat menikmatinya, anda harus mencolokkan earphone yang sudah termasuk dalam paket penjualan pada port jack 3.5 mm di bagian bawah handphone.

Dengan pemutar video N1 Mini, Anda bisa menikmati video dengan kualitas full HD dalam berbagai format. Pemutar video tersebut juga sudah mendukung kemampuan untuk menampilkan subtitle dengan format srt saat menonton film. Dengan video pop up, Anda bisa mengatur ukuran jendela video sesuai keinginan dan memindahkannya ke tempat yang diinginkan.

Kita lanjut ke sektor internet dan konektifitas. Sebagai ponsel modern, Oppo N1 Mini sudah tentu dibekali dengan berbagai pilihan untuk terhubung ke dunia maya. Baik lewat jalur 3G maupun 4G. Beruntungnya, sekarang ini sudah mulai berkembang jaringan 4G di Indonesia, sehingga fitur ini tidak mubazir. Walaupun saat ini hanya tersedia di kota-kota tertentu dengan lalu lntas data yang besar seperti Jabodetabek dan Bandung. Untuk keperluan penjelajahan, anda bisa menggunakan Chrome Mobile yang bisa diatur dalam versi mobile atau dekstop.

Sementara itu, untuk urusan berbagi data dengan perangkat lain, ponsel Oppo yang satu ini dibekali dengan Bluetooth, NFC dan kabel data microUSB yang bersifat On The Go. Fitur lain yang tidak boleh dikesampingkan adalah WiFi Display. Dengan fitur ini Anda bisa menonton video dan menampilkan gambar ke layar yang lebih besar melalui jaringan Wi-Fi.

Tidak seperti Oppo Find 5 Mini yang dibekali kemampuan membaca dua kartu dalam satu perangkat alias dual SIM, Oppo N1 Mini hanya dibekali dengan satu slot untuk SIM card, yaitu di bagian kanan. Sangat disayangkan mengingat fitur ini cukup diminati. Selain itu, N1 Mini hanya dibekali baterai berkapasitas 2140 mAh. Untuk ukuran ponsel seharga 5 jutaan dengan spesifikasi yang membutuhkan daya besar, kapasitas segitu tentunya kurang menggigit.

Spesifikasi Smartphone Oppo N1 Mini

Jaringan 2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3GHSDPA 850 / 1900 / 2100
Jaringan 4GLTE 1700 / 1800 / 2100 / 2600
Sistem OperasiAndroid OS, v4.3 (Jelly Bean)
ProsesorQualcomm MSM8926 Snapdragon 400, Quad-core 1.6 GHz Cortex-A7, GPU Adreno 305
Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density), Multitouch - Color OS 1.4
Ukuran/Berat148.4 x 72.2 x 9.2 mm / 150 g
MemoriInternal 16 GB storage, 2GB RAM
Data 3GHSDPA, 42 Mbps (21 Mbps - D5102); HSUPA, 5.8 Mbps
Data 4GLTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot
KonektivitasBluetooth v4.0 with A2DP, microUSB v2.0, USB On-the-go
Kamera Belakang13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, 1/3.2'' sensor size
Fitur Kamerarotating lens, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, Video Record 1080p @ 30fps
Kamera Depan13 MP (kamera belakang yang bisa diputar hingga 195 derajat), autofocus, LED flash, Video Call, Video chat
Video PlayerMP4/H.264/H.263/WMV player
MP3 PlayerMP3/eAAC+/WAV/WMA/Flac player
Audio FiturVibration, MP3 Ringtones, 3.5 mm Jack Audio, Speakerphone, Audio Record
Fitur TambahanJava Emulator, SNS Integration, Organizer, Image/Video Editor, Document Editor/Viewer, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Browser HTML, A-GPS
BateraiTipe Li-Ion 2140 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Oppo N1 Mini


Sebagai ponsel kelas atas, Oppo N1 Mini jelas punya banyak saingan. Sehingga sangat wajar jika smartphone ini sering dibandingkan dengan produk-produk dari merek lain dengan harga setara. Berikut ini kelebihan dan kekurangan smartphone N1 Mini dari Oppo dibandingkan dengan saingannya.

(+) Kelebihan Oppo N1 Mini
  • Layar 5 inci IPS LCD mendukung 5 titik sentuh
  • 1.6GHz Quadcore Processor membuat kinerja ponsel ini cukup cepat
  • ColorOS membuat antarmuka ponsel ini cukup atraktif dan beda dari OS Android pada umumnya
  • Kamera putar 13MP dengan kemampuan yang bagus

(-) Kekurangan Oppo N1 Mini
  • Harga 5 jutaan yang disematkan untuk ponsel ini tergolong mahal
  • Oppo N1 Mini tidak dilengkapi dengan slot micoSD untuk memori eksternal
  • Tidak ada radio FM sebagai sarana hiburan tambahan

Beberapa orang menganggap Oppo N1 Mini adalah produk Overpriced. Harganya dibanderol terlalu tinggi dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Meski ada beberapa kekurangan, namun smartphone ini juga memiliki banyak kelebihan. Keputusan di tangan anda, apakah produk ini layak dijadikan sebagai smartphone andalan?

Harga dan Spesifikasi Oppo N1 Mini N5111 Desember 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Pangandaran