Daftar harga dan spesifikasi smartphone android Oppo terbaru 2017 paling lengkap.

Thursday, May 4, 2017

Harga dan Spesifikasi Oppo A39, HP Selfie 13 Megapiksel Mei 2017

Menutup akhir tahun 2016, Oppo meluncurkan dua buah smartphone barunya. Yang pertama adalah Oppo Raisa dan yang kedua adalah Oppo A39. Nah yang kedua ini yang akan kita bahas lebih lanjut. Mengenai Oppo Raisa alias Oppo F1s Limited Edition kita akan bahas lain waktu. Lagipula produknya kan sudah terjual habis dan tidak akan diproduksi lagi.

Oke kembali ke pokok bahasan, yaitu Oppo A39. Meski tidak sebagus F1 series, namun A39 juga merupakan sebuah smartphone selfie dengan kemampuan kamera depan yang handal. Bisa dibilang ini merupakan ponsel selfie dengan harga lebih murah. Berapa harganya? Harga Oppo A39 adalah sekitar 2,5 jutaan untuk saat ini (saat tulisan ini pertama kali dimuat). Untuk update harganya bisa dilihat di bagian tab harga. Harga ersebut tentunya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Oppo A37 Neo 9 yang dibanderol Rp 1,9 jutaan. Namun tentunya Oppo A39 membawa spesifikasi dan fitur yang lebih bagus.

Dari segi desain, Oppo A39 ini tidak jauh berbeda dibanding Oppo F1 series. Konsep desainnya sedikit mirip dengan iPhone dari Apple. Peletakan panel kontrol, port charger, audio jack serta corong speaker mirip seperti di iPhone 6. Membawa kesan keren dan trendi. Bahan yang digunakan untuk produknya kali ini adalah bahan magnesium aluminium alloy, yang sanggup menampilkan kesan 'Premium' pada pandangan pertama.

Ukuran Oppo A39 tanpa lebih mungil dibanding ponsel lain dari kompetitornya. Hal ini karena menyesuaikan dengan luas layar yang hanya 5,2 inci. Untuk kualitas layarnya sendiri terbilang standar. Berjenis IPS LCD, Oppo menanamkan resolusi HD (720 x 1280 pixels). Kerapatan layarnya mencapai 269 ppi dengan dukungan teknologi multi-sentuh. Meski ukurannya tergolong mungil, namun saat digenggam terasa kokoh dan solid.

OPPO A39
OPPO A39, HP Selfie Murah dari OPPO Smartphone.

Harga OPPO A39 April 2017


Harga Produk : Rp 2.599.000,-
Pilihan Warna : Gold, Rose Gold
Paket Penjualan : Handset, Charger, kabel micro USB, earphones, buku manual, kartu garansi, SIM ejector, Soft case.

Sama seperti produk-produk smartphone Oppo terbaru, Oppo A39 juga sudah membawa Color OS sebagai user interfacenya. Menggantikan interface bawaan dari Android v5.1 Lollipop. Keunggulan dari Color OS v3.1 ini adalah manajemen dayanya yang sangat bagus. Untuk interfacenya sendiri terkesan cukup sederhana. Tidak banyak aplikasi yang hadir di halaman muka. Yang membuat performanya menjadi lebih cepat.

Performa Ciamik Oppo A39


Sama seperti Oppo F1s dan Oppo Neo 5, untuk pasar tanah air, Oppo A39 membawa chipset MediaTek dengan seri MT6750 serta prosesor Octa-core 1.5 GHz 64-bit. Dilihat dari kinerjanya, itu setara dengan prosesor yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 400/410. Untuk pengolah grafisnya, Oppo mempercayakan pada GPU Mali-T860MP2.

Oppo A39 sudah membawa kapasitas RAM sebesar 3 GB. Sehingga sangat mendukung untuk mempercepat performa ponsel. Sementara untuk memori internal, kapasitas yang disediakan adalah sebesar 32 GB. Sebenarnya itu sudah cukup leluasa dalam menampung berbagai file yang anda miliki. Tapi jika masih dirasa belum cukup, masih ada slot memori eksternal yang sanggup menampung hingga 256 GB. Selain itu Anda juga bisa menggunakan penyimpanan awan Google Drive maupun Google Photos untuk menyimpan beragam file penting.

Secara performa kemampuan Oppo A39 ini memang sangat bisa diandalkan. Untuk melakukan segala macam aktifitas digital, seperti browsing, streaming, bermain game dan membuka banyak aplikasi dapat dilakukan dengan lancar. Untuk membuktikannya salah satunya harus melalui aplikasi Benchmark. Setelah diuji dengan Antutu Benchmark, Oppo A39 mendapatkan skor sebesar 40138. Ini merupakan skor yang lebih besar dari Coolpad Max Lite dan Flash Plus 2.

Sementara itu, angka angka 21713 diperoleh saat pengujian menggunakan Quadrant Standard. Dengan Geekbench 4, OPPO A39 mendapatkan nilai 461 (single-core) dan 2489 (multi-core), ini hanya sedikit di bawah Infinix Hot S. Untuk pengujian grafisnya (Mali-T860 MP2) menggunakan aplikasi Nena Mark 2, didapat skor sebesar 59.9fps.

Kamera 13 Megapiksel


Meskipun dari segi harga tidak semahal F1 series, namun Oppo A39 merupakan salah satu ponsel Selfie yang dikeluarkan oleh OPPO Mobile. Jadi, titik beratnya masih fokus pada kemampuan kamera depan untuk menghasilkan foto selfie yang sempurna. Yang pastinya sesuai dengan harga yang ditawarkan. Kemampuan fotografi sepertinya sudah menjadi semacam "Killer Feature" pada semua produk Oppo, termasuk A39.

Sebagai ponsel Selfie, kemampuan kamera depan dari Oppo A39 ini jelas di atas rata-rata. Bahkan, dengan jargon "Unstopable Selfie", tentunya pihak Oppo sudah sangat PeDe dengan kemampuan produknya. Secara teknis, Oppo A39 hanya membawa kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Masih kalah jika dibanding Oppo Neo 9 apalagi rombongan F1 series. Namun fitur-fitur yang ditanamkan untuk pemrosesan foto cukup bagus hasilnya.

Pada bagian depan, OPPO sudah menjejalkan kamera dengan piksel 1.4µm dengan sensor ¼ inci. Dengan spesifikasi tersebut, tingkat sensitifitas cahaya yang diterima lensa cukup tinggi. Sehingga hasil foto menjadi lebih cerah. Selain itu OPPO juga mengadopsi teknologi Screen Flash dimana layar ponsel akan berubah fungsi seperti LED flash saat melakukan selfie pada kondisi minim cahaya. Sayangnya, kemampuan Screen Flash ini sepertinya tidak seoptimal LED flash. Selain itu ada pilihan mode "Beauty" yang dapat mengubah hasil foto menjadi lebih cantik dari foto aslinya.

Beralih ke kamera belakang, Oppo menggunakan lensa berukuran 13 megapiksel untuk mengakomodasi keperluan fotografi. Didukung 1.12µm dengan sensor 1/3.06 inci yang mampu memaksimalkan serapan cahaya yang masuk saat foto. Pada kondisi redup, fitur HDR pada ponsel ini sangat membantu menyeimbangkan pencahayaan pada foto. Dari hasil pengujian, kamera belakang Opp A39 ini terbukti cukup baik.

Selain itu, masih banyak fitur dan pattern yang sagat berguna dalam memaksimalkan hasil foto. Salah satunya adalah double Exposure, Time Lapse bahkan opsi Ultra-HD yang memungkinkan membuat foto dengan resolusi setara 50MP. Bagi yang ingin mengasah kemampuan fotografi, baik komposisi warna dan lain sebagainya bisa menggunakan mode Expert, sehingga semuanya bisa disetting secara manual.

Support Dual SIM 4G


Rata-rata ponsel saat ini sudah mendukung fitur dual SIM card. Sayangnya banyak yang dibatasi kemampuan akses jaringannya. Seperti hanya SIM 1 yang bisa mengakses internet. Namun pada Oppo A39, kedua SIM card sudah mendukung jaringan 4G sehingga keduanya bisa digunakan untuk mengakses internet. Dan bahkan sudah support semua operator seluler yang ad adi Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan Bolt. Hanya saja untuk Smartfren dan Bolt dikhususkan pada akses data, tidak untuk voice call maupun video call.

Untuk kemampuan berbagi file antar perangkat, Oppo sudah menyediakan sarana yang cukup umum dan standar. Seperti bluetooth, port microUSB, jack audio 3.5 mm, WiFi Direct dan USB OTG. Walaupun tidak dilengkapi dengan fitur NFC, namun semua jenis sarana konektifitas yang saya sebutkan di atas sudah sangat mumpuni.

Satu lagi yang merupakan keunggulan dari Oppo A39 adalah kemampuan baterainya. Daya tahan baterai 2900 mAh ini cukup luar biasa. Hal ini berkat adanya teknologi smart power optimization yang mampu meredam penggunaan baterai hingga 35%. Berikut ini adalah data hasil percobaan penggunaan baterai dalam berbagai aktifitas digital:
  • Memutar video full HD berdurasi 1 jam, baterai berkurang sekitar 25%
  • Memutar musik selama 1 jam, baterai berkurang sekitar 10%
  • Browsing internet di jaringan 4G LTE, baterai berkurang sekitar 30%
  • Main Game online selama 1 jam, baterai berkurang sekitar 35%

Fitur dan Spesifikasi Oppo A39

Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, Multitouch
Ukuran Layar5.2 inches, 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density), Color OS 3.0
Ukuran/Berat149.1 x 72.9 x 7.65 mm / 147 gram
OSAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
ProsesorMediatek MT6753, Octa-core 64-bit, GPU Mali-T860 MP2
MemoriInternal 32 GB, 3 GB RAM, Eksternal microSD up to 256 GB (dedicated slot)
BateraiLi-Ion 2900 mAh
KameraPrimer 13 MP, f/2.0, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Sekunder 5 MP
Video Record 720p@30fps
SIM CardDual SIM GSM - GSM
Data4G LTE, 3G HSPA, EDGE, GPRS
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
KonektivitasBluetooth v4.1, A2DP, microUSB v2.0, USB On-The-Go
MultimediaVideo Player - MP4/H.264 player
MP3 Player - MP3/WAV/eAAC+ player
Fitur LainRadio FM, Photo/video editor, Document viewer, accelerometer
HargaRp. 2,599,000.00 (Baru)

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39


Kelebihan:
• Octa-core RAM 3GB
• Dual SIM 4G LTE
• Fitur Kamera Lengkap
• Desain premium

Kekurangan:
• Layar hanya sebatas HD
• Harga cukup tinggi
• Aplikasi standar

Kesimpulan:

Bagi Anda yang sedang mencari ponsel khusus untuk selfie, rasanya Oppo A39 cukup layak dijadikan target. Meskipun harganya masih cukup tinggi namun tidak semahal jajaran F1 series lainnya dari Oppo. Harga Oppo A39  di pasaran saat ini sudah menurun cukup signifikan. Dari awalnya yang dibanderol Rp 2,9 jutaan sekarang bisa diperoleh dengan harga 2,5 jutaan.

Harga dan Spesifikasi Oppo A39, HP Selfie 13 Megapiksel Mei 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Pangandaran